Selasa, 27 Juli 2010

ALL ABOUT JOOMLA

Joomla! – Sebuah Content Management Sstem (CMS)yang semakin laris digunakan oleh para webmaster maupun pemula seperti saya dalam membangun sebuah website. Perkembangan Joomla! yang semakin pesat ditandai dengan pengguna (end user) yang semakin banyak dan tersedianya berbagai extensions baik modul, component, plugin, themes, dll ataupun program inti Joomla menunjukkan CMS ini mulai dipercaya banyak orang. Selain mudah instalasi, Joomla! juga sangat friendly bagi para penggunanya. Tidaklah perlu mengerti bahasa pemograman yang rumit (Jikalau mengerti itu lebih baik :) ) Joomla! sudah bisa digunakan seperti aplikasi desktop lainnya. Ya, begitulah membuat website joomla tak sulit dan tak mudah, begitu juga dengan kontes Rusli Zainal Sang Visioner.
Tutorial Joomla! yang saya buat adalah bahan workshop Joomla yang diselenggarakan oleh salah satu kelembagaan mahasiswa di IPB. Meskipun sangat sederhana tutorial sudah mencakup tutorial instalasi web server (dalam hal saya menggunakan wamp server) dan menggunakanJoomla! 1.5.11. Meskipun jauh dari sempurna, saya berharap semoga panduan atau tutorial inibermanfaat.
LANGKAH - LANGKAH INSTALASI JOOMLA....
1. Download Joomla_1.5.2-Stable-Full_Package.zip
2. Buat folder di dalam folder www pada direktori WAMP Server dengan nama folder menyesuaikan nama proyek. Sebagai contoh Belajar IT
3. Ekstaksi file yang ada di dalam Joomla_1.5.2-Stable-Full_Package.zip ke dalam direktori yang telah dibuat tersebut.
4. Masukkan alamat http://localhost/ ke browser
5. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut
6. Selanjutnya klik pada folder proyek (Belajar IT)
7. Kemudian akan muncul halaman pertama instalasi Joomla
8. Pilih bahasa yang akan anda gunakan dalam pengembangan halaman web www.belajarit.um.ac.id.

9. Selanjutnya adalah proses checking system & hardware support untuk instalasi Joomla.

10. Setelah Pre-Installation Check selesai dilakukan, maka proses instalasi akan dilanjutkan ke License Agreement

11. Setelah license agreement disetujui, proses intalasi dilanjutkan ke konfigurasi database



12. Setelah proses pengkonfigurasian database selesai, maka instalasi akan dilanjutkan ke proses konfigurasi File Transfer Protocol (FTP). Proses ini dapat langsung kita lewati jika kita tidak mengetahui konfigurasi FTP-nya
13. Setelah proses konfigurasi FTP selesai, kita lanjutkan ke proses konfigurasi halaman web yang akan kita buat.



14. Setelah proses konfigurasi halaman selesai, kita lanjutkan ke proses selanjutnya. Maka akan muncul halaman seperti ini.



15. Sebelum kita mem-preview halaman web kita atau masuk ke site administrator, ada peringatan untuk menghapus folder instalasi pada package joomla yang telah diekstrak tadi.



16. Setelah kita hapus folder instalasi pada folder proyek kita maka ketika kita mem-preview halaman yang telah kita buat hasilnya adalah sebagai berikut.


17. Jika kita masuk ke site administrator, maka kita akan dihadapkan pada halaman login (verifikasi user). Masukkan username dan password.


18. Setelah berhasil login, maka akan dihadapkan ke Joomla Control Panel seperti berikut.



Setelah muncul tampilan control panel ini, maka anda telah berhasil melakukan proses
instalasi CMS Joomla. Selamat Berkreasi dengen halaman web anda.


♥ wirsa deLLa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar