Selasa, 03 Agustus 2010

MEMBUAT TOKO ONLINE DENGAN OSCOMMERCE

Seperti yang kita ketahui bahwa OSCommerce merupakan sebuah sistem online yang sangat user friendly dan bisa diandalkan. Oleh karenanya bagi anda para pedagang yang ingin beralih menjual barang dagangannya ke dunia online atau hanya ingin sekedar untuk memperluas wilayah dagangannya, maka OSCommerce-lah jawabannya.
OSCommerce merupakan sebuah sistem online gratis (open source) yang sangat powerfuldan user friendly. Untuk menggunakan sistem ini anda tidak perlu membayar apa-pun (alias gratis), hanya saja anda harus mencantumkan nama sistem ini dan terkadang pembuat template di situs anda. Kalau begitu tidak usah menunggu lebih lama lagi, mari buat situs dengan menggunakan OSCommerce.
Sebelumnya anda harus mengunduh (download) OSCommerce itu terlebih dahulu di sini. Oya selain itu anda juga perlu mengunduh file-file lain seperti PHPmyAdmin, MySql, dan beberapa aplikasi lainnya. Kelihatannya cukup banyak file yang harus anda unduh, namun jangan khawatir file-file tersebut ternyata sudah dijadikan satu oleh XAMPP Silakan anda download di sini.
Jadi sekarang anda sudah memiliki dua aplikasi yaitu XAMPP dan OSCommerce. Di sini saya akan membahas tutorial untuk digunakan di komputer anda yang belum terkoneksi dengan internet. Sekarang install WAMPServer di komputer anda, dan ikuti semua langkahnya. Setelah anda meng-install WAMPServer berarti komputer anda sudah dipasang PHPMyAdmin, dan MySQL. Ini berarti anda sudah membuat server sendiri. Untuk mengecek apakah XAMPP anda sudah berjalan dengan baik, coba anda buka IE (Internet Explorer) lalu ketikkan di dialog box Address (http://localhost). Jika IE anda menampilkan tampilan seperti gambar di bawah ini, berarti komputer anda sudah siap untuk di pasang OSCommerce.
Langkah-langkah yang perlu dilakukan :
1. Download XAMPP-Lite dari XAMPP  , Package yang lebih besar juga diperbolehkan. 
2. Terdapat 2 tipe paket yaitu ZIP dan EXE, kita akan menggunakan yang EXE karena dapat mengekstrak dirinya secara otomatis ketika dijalankan sehingga mempermudah kita (ukurannya juga lebih kecil dari pada ver ZIP-nya).
3. Double click pada xampplite-win32...exe lalu akan tampil jendela dibawah ini




4. Tekan Extract sehingga file di unpack ke harddisk C:\ dalam Folder bernama xampplite. Mungkin agak lama karena kompressi .7z yang digunakan cukup berat proses extractnya.


5. Buka folder C:\xampplite dan anda akan melihat beberapa file seperti dibawah ini :


6. Jalankan setup_xampp.bat untuk auto configurasinya. Sehingga tampil jendela DOS sebagai berikut :




7. Konfigurasi xampp selesai.
8. Berikutnya dari dari folder C:\xampplite jalankan xampp-control.exe, hingga kemudian tampil jendela control panel dari xampp seperti dibawah ini :




9. check box Svc artinya menginstall modules sebagai service dari Sistem Operasi. Jadi nantinya akan running seperti rutin antivirus maupun service windows lain. Karena kita cuma ingin bermain-main dengan xampp maka tidak perlu diinstal sebagai service.
10. Jalankan Apache dan MySql dengan menekan tombol start di kanan masing-masing module. Jika berhasil dijalankan akan tampil seperti dibawah ini :




11. Berikutnya buka browser anda (IE, Firefox, Opera, dkk), pastikan untuk pemakai proxy agar localhost tidak diakses melalui proxy.Masukkan address : http://localhost/xampp/splash.php
12. Pilih English sebagai bahasa pengantarnya (ini yang paling sanggup saya mengerti).
13. Akan tampil kontrol XAMPP yang berbasis Web. Dari sini pilih pada bagian Tools>phpMyAdmin.


14. Kita akan membuat database baru untuk OSCOMMERCE. Caranya masukkan nama database sesuai yang kita gunakan untuk oscommerce yang digunakan seperti : ’whatsoev’ dan pada field disebelahnya masukkan ’utf8_unicode_ci’ kemudian tekan button Create. Untuk lebih mudahnya samakan dengan gambar dibawah ini :

15. Persiapan database selesai. Sekarang kita harus mendownload package Oscommerce nya (untuk versi terbaru dapat dilihat di sini ). Package Oscommerce biasanya dalam format ZIP atau TAR.GZ

16. Package yang diperoleh kita extract ke directory C:\xampplite\htdocs. Lokasi ini sesuai dengan tempat kita menginstall XAMPP tadi yaitu di partisi C:\. Hasilnya akan terdapat directory Oscommerce didalam folder htdocs. Kira-kira gambarnya seperti dibawah ini : 





17. Setelah berhasil membuat database, dan telah instalasi XAMPP langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi OSCommerce.
18. Ketikkan alamat di address IE / FIREFOX anda : http://localhost/oscommerce/
setelah itu muncul gambar seperti di bawah ini :

Proses Instalasi
Tekan tombol Continue, lalu anda akan di bawa ke gambar berikut ini:
Langkah Pertama
Isi Database Server dengan LocalhostUsername dengan rootPassword kosongkan saja, dan Database Name dengan nama database yang tadi telah anda buat yaitu whatsoev. Lalu tekan tombol continue, tunggu sebentar kemudian anda akan melihat gambar berikut ini:
Langkah Kedua
Tekan tombol Continue, dan anda akan melihat gambar berikut ini:
Langkah Ketiga
Di Dialog Box Store Name, ketikkan nama toko anda misalkan di sini adalah UNIQUE FASHION. Di dialog box Store Owner Name, ketikkan nama pemilik (nama anda) misal di sini adalah WIRSA DELLA. Di dialog box Store Owner E-mail Address ketikkan alamat email pemilik (email anda) misalkan di sini adalah wiersya@gmail.com. DI dialog boxAdministrator User Name ketikkan nama admin yang nantinya akan menjadi penguasa di situs merchant anda, misal di sini adalah adel. Terakhir di dialog box Administrator Password ketikkan password/kata kunci yang anda inginkan, contoh di sini adalah adel. Setelah semuanya selesai, tekan tombol Continue. Simpan nama user administrator dan password-nya dan jangan sampai lupa, karena apabila anda lupa dengan nama user dan password maka anda tidak bisa masuk ke dalam situs sebagai administrator. Setelah menekan tombol Continue anda akan melihat gambar berikut ini:
Langkah keempat

Selamat! Anda telah berhasil membuat situs merchant anda sendiri. Untuk melihat tampilan situs tekan tombol Catalog dan untuk men-setting tampilan dan isi dagangan anda tekan tombol Administrator Tool.
Untuk saat ini sekian dulu tutorial OSCommerce dari saya. Tutorial selanjutnya saya akan membahas mengenai penyetingan isi dan tampilan dari OSCommerce.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
♥ wirsa deLLa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar